Artikel Terbaik:
Home » » Terlalu disiplin bikin anak suka bohong

Terlalu disiplin bikin anak suka bohong

Written By Tips seputar kehidupan on Saturday 22 December 2012 | 22:11


Anak-anak yang dididik di lingkungan sekolah yang terlalu disiplin ternyata lebih suka berbohong lho.

Studi, yang diterbitkan dalam jurnal Child Development, ini juga menyebutkan bahwa anak-anak yang berada di lingkungan sekolah yang sering menghukum, akan lebih mudah berbohong.

Dalam penelitian ini, Profesor Victoria Talwar dari McGill University dan Profesor Kang Lee dari University of Toronto mengamati perilaku berbohong dari dua kelompok anak yang tinggal di bertetangga.

Kelompok pertama terdaftar di sebuah sekolah swasta yang menggunakan model kedisiplinan konvensional yang otoriter. Setiap kali melanggar, contohnya lupa membawa pensil, akan dihukum berat dengan cara dipukul dengan tongkat, ditampar atau dicubit.

Sedangkan kelompok lainnya yang juga terdaftar di sekolah swasta, mereka diajari model kedisiplinan modern yang lebih terarah. Semisal mereka berbuat salah, anak-anak akan dimarahi dan dibawa ke kantor kepala sekolah untuk pelanggaran yang sangat serius.

Setelah membandingkan perilaku jujur antara kelompok pertama dan kedua, para peneliti menyimpulkan bahwa lingkungan tidak hanya mendorong anak untuk tidak jujur, tetapi juga meningkatkan kemampuan mereka untuk menyembunyikan kebohongan itu sendiri.

"Temuan ini memang cukup mengejutkan. Bahkan ada penelitian yang telah secara konsisten menemukan bahwa anak-anak dari lingkungan yang keras cenderung mengalami keterlambatan dalam perkembangan mental," kata Prof Lee seperti dikutip dari Eurekalert.org.

[des]
sumber :merdeka.com


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Tambahlah Wawasanmu Untuk Masa Depanmu, Bacalah Artikel-Artikel Di atas ini
Powered by Blogger


Copyright © 2011. tips seputar kehidupan - All Rights Reserved
Selamat Membaca
ReDesign by Identitas