Artikel Terbaik:
Home » » Tips 8 Cara Mencegah Demensia di Usia Tua

Tips 8 Cara Mencegah Demensia di Usia Tua

Written By Tips seputar kehidupan on Saturday, 12 January 2013 | 00:34



Demensia adalah penyakit yang sering menyerang orang di usia lanjut. Ketika mengalami demensia, seseorang akan kehilangan ingatan atau bahkan berubah kepribadian.
Terdapat dua macam demensia, yaitu Alzheimer yang disebabkan oleh bagian otak yang tak berfungsi serta demensia vaskular yang disebabkan kurangnya darah ke otak. Beberapa kasus demensia juga bisa disebabkan oleh kelainan genetik.
Meski begitu, demensia masih bisa dicegah, bahkan pada orang yang sudah tua. Berikut adalah beberapa langkah untuk mencegah demensia :
1. Makan ikan
Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mampu mencegah Alzheimer dan demensia. Untuk itu, lebih banyak konsumsi ikan air dingin seperti tuna, salmon, sarden, atau konsumsi suplemen minyak ikan yang kaya omega-3.

2. Jangan stres
Stres bisa membuat otak bekerja keras. Sebuah penelitian di Swedia pada tahun 2010 menunjukkan bahwa wanita yang sering stres lebih berkemungkinan menderita demensia ketika tua. Untuk itu, sebaiknya jangan mudah stres. Jika Anda mulai stres, segera periksakan diri ke dokter dan atasi stres Anda.

3. Tidur cukup
Mendapatkan tidur yang cupu sangat penting bagi kesehatan tubuh dan otak. Pasien yang mengalami kesulitan tidur seringkali dikaitkan dengan munculnya penyakit Alzheimer di kemudian hari. Pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari.

4. Hindari alkohol
Kebiasaan minum alkohol dan merokok bisa meningkatkan risiko Alzheimer hingga tujuh tahun ke depan. Berhenti merokok bisa melancarkan peredaran darah ke otak. Begitu juga dengan kebiasaan minum alkohol yang sebaiknya dikurangi.

5. Bersosialisasi
Demensia bisa dicegah dengan pergaulan yang aktif dan seringnya bersosialisasi dengan orang lain. Bersosialisasi dengan orang lain diketahui mampu meningkatkan koneksi otak, sehingga tidak mudah terluka di kemudian hari. Jadi, jangan suka menyendiri. Berkumpullah dengan banyak orang untuk ngobrol atau sekedar bertukar kabar.

6. Hindari junk food
Demensia juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Sebuah penelitian mengaitkan gula darah diabetes, tingginya kadar gula dan lemak pada darah, dengan Alzheimer. Untuk mencegah Alzheimer, sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat. Penuhi kebutuhan gizi Anda dengan mengonsumsi sayuran serta buah-buahan.

7. Latihan mental
Tajamkan otak Anda dengan permainan yang bisa mengasah otak, seperti puzzle, catur, dan lainnya. Aktivitas yang mengasah otak akan menguatkan koneksi antara sel saraf dalam otak. Hal ini akan membuat otak semakin kebal terhadap kerusakan. Setidaknya Anda harus sering membaca buku untuk membuat otak tetap aktif.

8. Menjaga kesehatan jantung
Menjaga jantung juga penting untuk menjaga kesehatan otak. Semua ini mengenai peredaran darah yang lancar. Otak menggunakan sekitar 20 persen oksigen pada darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Untuk itu, jangan lupa untuk berolahraga untuk menjaga jantung tetap sehat. Anda tak harus ke pusat kebugaran setiap hari. Sekitar 20 menit olahraga setiap hari sudah cukup untuk menjaga kebugaran.

Jaga kesehatan tubuh dan otak Anda mulai dari sekarang. Tangkal demensia dengan delapan langkah di atas.


sumber:times of india


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Tambahlah Wawasanmu Untuk Masa Depanmu, Bacalah Artikel-Artikel Di atas ini
Powered by Blogger


Copyright © 2011. tips seputar kehidupan - All Rights Reserved
Selamat Membaca
ReDesign by Identitas